Kiat Menghadapi Sekaligus Menjalani Puasa Sehat Ala Generasi Maju

Selamat siang Bunda, para Mombassador SGM Eksplor juga Anak Generasi Maju nya bagaimana puasanya hari ini? semoga lancar ya…!! Diawal Ramadhan kali ini  rada gak nyangka kalau ternyata  dibarengi dengan wabah pandemi.  Terasa bedanya sekali tentu karena biasanya ramai kali ini sepi, seolah tidak sedang Ramadhan. Terutama sore dan malam hari ya, biasanya terdengar anak-anak mengaji di TPQ dan malam harinya taraweh kali ini sepi senyap. Alhamdulillah sih positifnya bisa lebih fokus bareng keluarga tercinta di rumah ya.

Nah biasanya nih yang saya dan keluarga lakukan agar saat  Ramadhan tetap fit :

1) Perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka
Yups saya tidak membiasakan anak-anak minum es saat berbuka, biasanya didahulukan dengan air netral (putih)  yang hangat atau dingin normal (bukan dari lemari pendingin ya) dilanjut dengan konsumsi kurma dengan jumlah ganjil. Baru makan buah atau cemilan lainnya. Nah untuk minuman dingin seperti susu biasanya kami konsumsi selepas taraweh, rasanya nikmat sekali. Kalau sikecil karena puasanya masih belum teratur biasanya habis mandi pagi sekalian sahur  dan malam hari selepas ikutan taraweh sebelum tidur malamnya.

2) Mengkonsumsi makanan tambahan
Biasanya hanya menambah  sayur, buah dan konsumsi makanan ekstra seperti madu di jam sahur sedangkan untuk minyak zaitun sebelum tidur malam 1 sdm.

3) Mengurangi cemilan berbumbu, masakan bersantan, pedas dan berminyak
Inipun jadi perhatian saya sebagai tukang masaknya hehe. Karena kalau udah sakit perut yang berlebih, Bundaanya yang dilirik si Ayah. 🙂

4) Tetap olahraga ringan
Walau hanya melakukan senam anak sholeh ya, nah senam ini dan jenis senam lainnya bisa disaksikan bersama di You Tube.

5) Berjemur
Walau hanya sepuluh menit dihalaman luar  atau diteras atas sembari senam ringan seperti menggoyangkan kaki dan kepala.

6) Sajikan piring gizi seimbang
Dalam setiap menu baik saat berbuka ataupun sahur, ya minimal satu jenis sayur saya tampilkan. Jika kehabisan langsung metik dari kebun halaman, fresh kandungan gizinya. Aiya terkait nutrisi penting ini sangat diperlukan oleh tubuh terlebih saat sedang berpuasa seperti sekarang ini ya bunda, terbukti dengan nutrisi yang baik anak anakpun tak pernah terlihat pucat saat berpuasa (terasa langsung manfaatnyakan). Untuk itulah sayapun melengkapinya dengan pemberian SGM Eksplor untuk sikecil, 2x sehari.

 

7) Lakukan hal positif yang menarik

Seperti sholat berjamaah, praktek bikin kue, tadarus  atau sekedar main games bersama (kan ada tuh asalkan semuanya pegang gadget jadi rame sekali rasanya saling menyauti) bahkan sayapun sesekali ikutan nimrung saat anak anak sedang main games hihi saking penasaran kok bisa seramai itu ya. Sesederhana itu bahagia …  tapi tetep harus pakai waktu ya, biar gak bablas.  🙂

 

8) Menjaga kebersihan diri salah satunya biasakan mencuci tangan dengan benar

Biasanya bangun tidur pagi setelah tidur yang kedua saya mewajibkan anak anak mandi, gak ada alasan walaupun sedang libur sekolah misalnya tetap harus mandi karena kebersihan juga kan sebagian daripada iman ya. Selain itu biasakan mencuci tangan dengan  baik dan benar terlebih habis bepergian, menggunakan sesuatu, bermain kotoran baik yang nampak atau tidak sekalipun.

Berikut saya sertakan cara mencuci tangan yang baik dan benar yang saya ambil dari media sosial Aku Anak SGM.

 

 


Bunda juga bisa mengunjungi www.generasimaju.co.id  atau menghubungi careline SGM di nomor 0800-1-360-360 agar tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi, pola hidup sehat, dan tumbuh kembang sikecil (terkait virus corona).

Oke Bunda, tetap  semangat yaaa … !! 🙂

 


Komentar dan Tanggapan: