Bobor Bayam (Bukan Tanpa Alasan Tidak Menggunakan Bahan Lain)

Lagi pengen makan sayuran bersantan nih, dan pilihanpun jatuh pada bobor bayam (hyay…! sayuran yang kaya zat besi nih biar makin kuat ngasi, mwihihi). Alasan lain karena ga nemu bayam bubut (bayam yang daun dan batangnya kecil-kecil ituloh). Saya dapatnya bayam hijau yang daunnya besar dan lebar, yang biasa dibikin kripik. Namun karena lagi rempong cukuplah bayamnya saja biar ada kuah, ga keringan mulu hihihi…udah ada tempe kripik soalnya. Oiya Saya pernah baca dimana ya agak lupa gitu, kalau bayam itu baiknya dimasak tersendiri ga dicampur dengan sayuran atau bahan lain kaena sifat racunnya mungkin ya? syerem amat, hehe…tau dong kalau sayur bayam itu memang harus langsung dimakan kalau pengen dapet nutrisinya. Kalau udah lebih dari 4-5 jam yang ada dapetnya racun, karena sifat zat besinya yang jika terlalu lama bereaksi akan berubah menjadi Ferro (senyawa kimia yang bersifat racun). Nah loh, jadi Saya juga kalau masak ya harus langsung habis, dijambalin deh…kan orangnya banyak tuh jadi wajib makan bobor bayam semua ceritanya.

Bayem bobor

Simple banget bahannya :

1 ikat bayam besar
1/4 kelapa parut
2 bh cabe hijau, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah, iris tipis
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdt garam
1 sdt udang kecil
1 sdt gula pasir
1 liter air

Cara Membuat :

Cuci bersih bayam, siangi, belah dua batang nya yang lunak
Campur air dengan kelapa untuk dibuat santan
Tumis bumbu yang sudah diiris hingga harum
Masukan potongan bayam dan air santan sedikit demi sedikit
Setelah mendidih masukan gula, garam dan udang kecil
Aduk perlahan, taburi bawang goreng
Sajikan saat masih hangat dengan sambal, tempe/ tahu dan krupuk udang

*Udang kecil itu optional ya, bisa diganti ebi atau tidakpun  ga masalah tujuannya untuk membuat kuah gurih karena tanpa tambahan bumbu penyedap niii ceritanya. 😛





Komentar dan Tanggapan: