Kupu-Kupu Gajah (Atlash Moth), Si Langkapun Tiba Mendekat!

Ngengat  bertubuh besar yang menurut Wiki penyebarluasannya diwilayah tropika dan subtropika Asia Tenggara yang ditemui 3A (Alyssa, Aqeela, Aisha) pada hari Sabtu 17 Januari kemarin tatkala liburan sekolah (secara setiap hai Sabtu memang libur). Hebohnya ulala banget, hihihi…Saya sendiri sampai surprise melihatnya loh. Karena baru kali ini melihat kupu-kupu cantik yang ternyata bernama kupu-kupu gajah alias Ataccus Atlas  kalau pake bahasa Inggris disebutnya Atlas Moth.

purwokerto

Jadi ceritanya kalau liburan 3A pasti sepedahan barengan keliling komplek begituh, nah tumben nih pas Sabtu kemarin baru keluar sebentar sudah pulang lagi sembari teriak-teriak. “Bunda…!! ada kupu-kupu gede banget…! Iya ada kupu-kupu ratu dirumahnya Bu Muhammad, di teteannya ituloh mana sini kamera …kamera…!” heboh pisyan pokoknya, hihihi Saya nyengir kuda lama-lama kaya Emaknya juga nih terutama si sulung yang nyalinya memang fotografer banget, Nah kebetulan kamera sedang di charge jadinya “pake hape Bunda aja gih bawa….buruan barangkali keburu ilang si kupu-kupunya“. Hihihi…Emaknya ikutan heboh ngomporin. Mau ikutan tadinya, tapi ga jadi deh secara  baby Anin lagi asyik-asyiknya menyusui masa kudu ngacir juga, mana lumayan jauh pula tempatnya. 😛

Nah setelah mereka pergi ternyata cukup lama juga, alias ga pulang-pulang. Ternyata mereka memang sedang terkesima mengobservasi si kupu gajah nan cantik jelita itu. Hihihi, Alhamdulillah hasil fotonya sampai puluhan tapi ga usah diposting semua kali ya…dipilih yang cakep-cakepnya aja posisinya toh bentuknya sama. Saya sendiri seumur hidup baru liat nih kupu-kupu gajah yang konon sayapnya mencapai 400 cm2, dan biasanya lebih berat yang jenis betina ketimbang yang jantan. Argh…walaupun langka namun faktanya sikupu ini tiba mendekat! 🙂

atlas

Btw kok bisa ya dikatain kupu-kupu gajah? bisa jadi bentuknya yang besar jadi identik dengan binatang yang paling besar yang tak lain adalah gajah.  Pola-pola disayapnya menyerupai atlas, sehingga kalau diluar sana banyak yang menyebutnya ngengat atlas (didasarkan pada mitologi atlas), hihihi beda daerah beda panggilan ya. Yang jelas makin amazing dengan ciptaan Nya yang luar biasa ini,  terlebih ulatnya ngengat atlas ini bisa menghasilkan sutra. Wow..semoga aman deh saat disana, khawatir juga sih ada yang nangkep gituh hihihi tapi kata anak-anak ga ko Bund…cuma jadi tontonan aja ko, kupunya juga diem aja mungkin berat jadi ga lincah gitu. Lagi makan terus tuh keliatannya…gitu pungkas Aisha si  tahun yang ikut-ikutan heboh.

Seperti apa daur hidupnya, lihat gambar ini deh yang Saya ambil dari Wikipedia Indonesia : 🙂


cerita

Ternyata untuk menghasilkan sesuatu yang indah itu butuh perjuangan yang luar biasa bukan? (dari telur, menjadi ulat , kepompong dan terus menggeliat menghasilkan kupu2 yang akhirnya bisa terbang dengan warnanya yang cantik)  jadi memang janga dipandang sebelah mata, jika ingin yang terbaik berbuatlah yang terbaik semaksimal mungkin agar hasilnya indah (itu hikmah yang bisa Saya ambil dari sikupu-kupu ini). 🙂


Komentar dan Tanggapan: