Kekentalan Zat Cair : Percobaan Sains Alyssa

Geleng-geleng kepala Saya waktu liat  polah sisulung sepulang sekolah har ini di jam 03 sore kurang dikit. Yaps setelah mengganti pakaian seragam dengan oblongnya (panas katanya – padahal lagi hujan), langsung deh bercerita kejadian disekolahnya dengan penuh antusias. Apalagi yang diceritakan selain hasil praktek percobaan sainsnya dengan teman-temannya yang dipandu oleh ust Achri. Sejak kelas 3 memang disekolahnya (SDIT Harbund) diberikan alternative ekskul untuk memilih unit activity. Pilihan sisulung ganti ceritanya semester ini, dari semester lalu memilih Dokter Kecil dan Bulu Tangkis. Semester ini pilihannya adalah Seni (craft) dan Sains, hulala…cepet banget boring ya anaknya. 😛

Janjinya sih kali ini engaaak boring lagi, karena bener-bener yang dirinya syukai (bukan karena ikut-ikutan temen) sampai-sampai dengan PD nya si KK berhasil menjadi satu-satunya perempuan dalam komunitas  sainsnya. Gpp kan Bunda perempuan sendiri? gitu polosnya gpp dong yang pentingkan KK suka bukan? gitu jawaban Bunda kecehnya. :p

Nah loh uniknya si KK nih, walaupun di sekolah sudah praktek tetap saja di rumah praktek hal yang sama juga. Untung bahan percobannya ada coba kalau engga? masa Emaknya suruh rempong nyari bahan percobaannya….apa sajakah bahannya itu :

Botol bekas
Air
Minyak Goreng
Sunlight
(Cuma Alyssa nyampurin airnya dengan sabun cair/ sabun mandi–tambahan dia sendiri) 😛

Bhahaha… ada-ada saja memang sisulungku ini, bikin gemesnya ga ketulungan. Gegara ga punya satu bahan lagi yaitu Jelly, jadilah segala sabun dijadikan satu semuanya, hasilnya seperti ini nih :

Mixed 1

Benda cair yang paling berat yang jatuh paling bawah yaitu sunlight, walaupun air putih dulu yang dimasukin ya, lama-lama siair naik dengan sendirinya. Uniknya satu sama lain memberi warna tersendiri, ga bercampur ya karena satu sama lain adalah zat cair yang kental gitu maksudnya si KK. Kalau dikocok, barulah hasilnya seperti ini :

percobaan sains
Lah ko malah jadi kaya jus alpukat ya, ahahaha….kentel bener pokoknya dan full busanya melimpah. Padahal kalau didiamkan saja lama-lama kembali keposisi semula volulmenya yaitu separuhnya botol ini.

final

Bedanya warna sudah tercampur (karena sudah dikocok sebelumnya) dan setelah  sihijau sunlight, minyak bercampur dengan air dan paling atas itu busa. Kalau dicium aromanya juga unik loh, hihihi…Emaknya ko jadi ikutan kepo plus meringis ya. Secara jaman Saya dulu ga macem-macem gini prakteknya. Haduh ada-ada saja….. jadi heboh deh sore-sore dengan praktek sainsnya si KK hebat ini.

Besok-besok percobaan apalagi ya Ka……?!





Komentar dan Tanggapan: