Lopis Banyumas : Si Manis Nan Mengenyangkan

Aiih syenangnya ga keluar seharian bikin kreasi ini buat kontes disini, malah disamperin penjual lopis.  Alhamdulillah setelah beberapa hari lamanya ga ada yang keliling komplek baru hari ini dah, mulai tukang bubur ayam, bubur sumsum ama penjual lopispun pada lewat. Tau bingit Saya lagi ga bisa kemanapun saking sibuknya. *Tsaah*

Jajanan Khas
Istilah Lopis ini kayanya hanya didaerah Jawa saja ya karena ditempat lain ya namanya lupis, hehe…dan bentuknyapun ga panjang begini akan tetapi segitiga. Yah cuma beda dibentuk dan inisial huruf saja sih, tapi rasa dan bahan dasarnyamah jelas sama ya. Sama-sama manis kaya yang nulis. *NgikikLicik*

Terbuat dari bahan dasar beras ketan, campur sedikit garam lalu dikukus nan lama taburi kelapa dan gula merah jadilah lopis manis ini. Simple banget ya…tapi ribednya alamaaak, hahaha dan Saya paling nyerah kalau udah ketemu ama daun pisang yang diiket pake lidi hihihi, jadi kalau Saya nguprek didapur pake daun ya jarang sekali nyemat lidi langsung saja di tilep-tilep kaya nilep baju. Mwihihi…Chef gagal! 😛

Jadi mendingan beli aja dah, seporsi itu (seperti dalam gambar) yang isi  lopis harganya Rp.2000,- saja dan sekeluarga hanya mengeluarkan sepuluh ribu saja cukup kenyang rasanya. Tak hanya itu pilihanpun, lainnya ada ciwel dan ada pula cenil yang bisa dinikmati sesuai selera. Semuanya Saya syukaaa……!! cinta kuliner daerah judulnya eui. Jajanan kaya gini paling enak dinikmati di siang hari ya sepertinya, mulai pukul 09.00-14.00 diluar itu ko kayanya sudah tak menggoda selera lagi. *JiahKayaBukaToko* :)





Komentar dan Tanggapan: