Bolu Kukus Gula Jawa

Perdana bikin bolu kukus gula Jawa nih berawal dari nemu gula jawa/merah yang udah meleleh di tuppy ku tercinta. Duh ngeliatnya risih aja ya ko bisa meleleh gitu, padahal ya belum lama banget mengendap disana alias belum expired dong. Usut punya usut konon kalau gula ditumpuk gitu bisa meleleh, hiii duh bener juga sih abis nanggung banget tadinya tinggal sebuah ya saya tumpuk saja dalam wadah kedap utara ber seal  ketat tersebut. 😀 Langsung deh saya cairkan dengan 125 ml air hangat untuk campuran bolu kukus ….dan hasilnya taraaaaaaaa…..!!! jadi 16 buah, anget empuk wenaaak…dikunyah malam-malam pas dingin jadi cemilan sebelum tidur nih. Oiya kalau saya ga terlalu suka dengan baking powder jadi jarang pakai ituh bahan yang buat ngembangin. 😀

Bolu kukus gula jawa
Berikut resepnya : 😉

200 gr tepung terigu
2 butir gula jawa yang dicairkan dengan 125 ml air panas
2 butir telur
1 sdt ovalet
1 sachet susu kental manis
Cetakan bolu kukus

Cara Membuat :
Kocok telur, ovalet dan susu kental manis
Lalu masukan cairan gula yang sudah dingin
Tambahkan terigu putar dengan kecepatan sedang
Jika sudah tercampur dan adonan pas masukan dalam cetakan bolu kukus
Kukus sekitar 5-10 menit dalam kukusan yang sduah dipanaskan sebelumnya
Sajikan hangat
Untuk : 16 buah.


Komentar dan Tanggapan: