Cah Kangkung Siram Kikil Lombok Ijo (Si Kaya Protein VS Kaya Serat)

Ada apa dengan sisulungku ini baru dikenalkan dengan kikil beberapa minggu lalu ealah malah ketagihan terus. :) Padahal awalnya cuma dipotongin lombok ijo doang ga ditambahin apapun. Walaupun rasanya enak dilidah tapi kalau makan pake tangan langsung, pasti berasa bangetkan lengket-lengketnya itu. Hihihi… tapi mungkin disitulah letak kenikmatannya.   :mrgreen:

Dilihat dari kulitnya, sapi memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Di antaranya meliputi protein, lemak, mineral, dan natrium glutamate. Yang mana untuk dapat mengolahnya menjadi lebih bermanfaat, selain dimasak juga bisa juga dijadikan sebagai kerupuk rambak. Nah loh kalau krupuk rambak ini saya suka sekali, huwaaa jadi inget kota kelahiran (Cirebon) karena disana krupuk berjejeran dan bergelantungan di pinggiran jalan (terutama di pasar Plered) seolah melambaikan tangannya dan berkata belilah aku!! hahaha…..bisa sekarung habis sendirian sayah (tenggorokan bisa sampai seraaak saking seretnya  😛 ).

Untuk si kangkung itu sendiri jelas kaya akan serat bahkan konon bisa dijadikan sebagai obat penenang, penambah darah dan insomnia. Ga heran yah kalau habis makan kangkung bawaanya ngantuk :) .  Eits tapi kudu waspada nih, yang punya asam urat jangan coba-coba makan kangkung yaks biar aman.

Ah sudahlah yang jelas kali ini saya mau coba berikan resep Cah Kangkung Siram Kikil Lombok Ijo  maksud hati biar lebih enak makannya karena adanya si hijau daun dari si kangkung. Sengaja tak terlalu pedas karena 4A (Alyssa, Aqeela, Aisha & Ayah 😀 ) tak terlalu suka dengan sipedas, kalaupun ada cabenya pasti dipinggirin deh, hehe (cuma saya saja yang suka makan cabe dalam sayur).

Back to the receipe, cara masaknya one by one ya…ngecah kangkung dulu barulah ngoseng kikilnya (dilarang protes 😛 )

Bahan I :
1 ikat kangkung (siangi daun dan batang mudanya)
2 siung bawang putih, iris tipis
3 siung bawang merah, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
50 ml air kaldu
2 sdm minyak goreng
Cara Membuat :
Tumis bawang putih hingga harum masukan merica bubuk lalu air kaldu.
Masukan potongan kangkung, aduk perlahan diamkans sesaat.
Setelah terlihat matang masukan gula dan garam.
Aduk lagi hingga matang.
Tata diatas piring saji.
Bahan II :
200 gr kikil  (rebus hingga empuk lalu potong- potong)
100 gr tempe (potong kotak kecil )
100 ml air matang
 8 bh cabe hijau besar (potong agak besar)
 2 sdm minyak goreng
 1 sdm kecap manis
 1 siung bawang bombay (belah dua, iris tipis)
 2 siung bawang putih (iris tipis)
 1 batang daun bawang (iris tipis)
 1/2 sdt garam
 1/2 sdt merica bubuk
 1/2 sdt gula pasir
Cara Membuat :
Panaskan margarin, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukan potongan cabe hijau, potongan tempe dan potongan  kikil yang sudah direbus. Aduk-aduk lalu tambahkan air matang, setelah agak meresap masukan bumbu garam, gula, merica bubuk dan kecap manis, Setelah matang, angkat, taburi dengan potongan daun bawang dan siramkan diatas cah kangkung. Sajikan selagi hangat.
Eits resep ini pula yang pernah saya kirim ke Masak Apa Hari Ini dan  dilirik Chef Billy…dapet deh bingkisan lebaran dari Royco, Alhamdulillah :) .Tuh…masak itu selain mudah, mengenyangkan juga menyenangkan  bukan? Sokk ah mariii belajar dan terus belajar masak (malu sama Koki Cilik masa kini, kalau ortunya ga bisa masak :) )

Awawa...senangnya ;)

Awawa…senangnya…………;)


Komentar dan Tanggapan: